Profil Program Studi

Sejarah
Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dimulai pada tahun 2013, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1853/2012 tanggal 28 September 2012, yang pada waktu itu menggunakan nomenklatur Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Di bawah koordinasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Program Studi PIAUD merupakan program studi yang paling muda. Periode pertama, program studi ini dipimpin oleh Dr. H. Sumedi, M.Ag., sebagai Ketua Program Studi (tanpa sekretaris). Periode kedua, dipimpin oleh Dr. H. Suyadi, M.A., sebagai Ketua Program Studi, dan Dr. Sigit Purnama, M.Pd., sebagai Sekretaris Program Studi. Periode ketiga, dipimpin oleh Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M., sebagai Ketua Program Studi, dan Dr. Sigit Purnama, M.Pd., sebagai Sekretaris Program Studi.
Status akreditasi Program Studi PGRA adalah terakreditasi dengan peringkat B dengan nilai 316, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 2373/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016.
Mulai tahun 2017 menggunakan nomenklatur Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 2607 Tahun 2017 tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Visi
Menjadi unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan nilai-nilai keislaman dan keilmuan untuk menyiapkan pendidik anak usia dini. 

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Islam anak usia dini yang berorientasi pada mutu dan nilai-nilai keislaman; 
  2. Mengembangkan pendidikan Islam anak usia dini yang berwawasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dan akhlak karimah; 
  3. Melakukan penelitian di bidang pendidikan anak usia  dini; 
  4. Meningkatkan peran serta program studi PIAUD dalam pendidikan  anak usia dini di masyarakat; dan 
  5. Meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan anak usia dini.

Tujuan
  1. Menghasilkan  guru pendidikan anak usia dini Islam (RA, TK, KB,  TPA, SPS);
  2. Menghasilkan juru kisah pendidikan anak usia dini; dan
  3. Menghasilkan wirausahawan bidang pendidikan anak usia dini.

Pengelola Program Studi 
  • Ketua Program Studi: Dr. Erni Munastiwi, M.M.
  • Sekretaris Program Studi : Dr. Sigit Purnama, M.Pd.