- Mengintegrasikan dan mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak dari lahir hingga usia 8 tahun di semua domain perkembangan, dengan mengakui dan menghargai keunikan perkembangan setiap anak, serta menerapkan pengelolaan perilaku anak yang sulit, mengidentifikasi anak berisiko dan berkebutuhan khusus, dan memahami pengetahuan tentang hukum, kebijakan, serta standar pengasuhan yang berlaku.
- Menerapkan konten tarbiyah serta metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan, budaya, dan bahasa anak, dengan menggunakan desain pembelajaran yang inklusif, teknologi terbaru, serta pemilihan dan penggunaan sumber belajar yang tepat, dan strategi pembelajaran untuk literasi dan numerasi, guna mendukung pembelajaran yang merangsang dan mendukung pertumbuhan anak secara menyeluruh.
- Menggunakan observasi dan penilaian yang etis untuk mendukung perencanaan pembelajaran dan perkembangan anak, serta membangun kemitraan dalam penilaian yang efektif dengan keluarga dan kolega.
- Merancang lingkungan pembelajaran yang mengasuh, inklusif, dan aman, dengan pengelolaan kelas yang efektif; menciptakan lingkungan ramah anak yang peka terhadap gender, budaya, dan bahasa; serta menggunakan sumber daya kelas yang aman dan lengkap untuk mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik.
- Menerapkan strategi dan praktik yang efektif guna memastikan kesehatan, nutrisi, keamanan, serta kebutuhan perlindungan anak usia dini terpenuhi dengan baik.
- Membangun kerjasama yang erat dengan keluarga dan komunitas, menghargai keberagaman mereka, dan bekerja bersama untuk mendukung perkembangan anak.
- Mengembangkan diri dan praktik profesional yang berkelanjutan untuk mendukung perkembangan dan pembelajaran anak usia dini.
- Menguasai kemampuan kepemimpinan strategis dan pengelolaan sumber daya untuk mengarahkan dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini, memfasilitasi pengembangan profesional pendidik, berbagi praktik terbaik untuk meningkatkan pembelajaran, serta memobilisasi dukungan dari pemangku kepentingan PAUD.
- Merancang kurikulum pendidikan anak usia dini yang berbasis permainan, komunikasi efektif, dan penggunaan teknologi pendidikan untuk menciptakan konten pendidikan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.