Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi Keilmuan (Scientific Vision):

Visi keilmuan Program Studi PIAUD adalah mengembangkan ilmu pendidikan Islam anak usia dini yang unggul dan terkemuka berbasis integrasi ilmu dan adaptasi teknologi pada tahun 2035.

Misi:

Misi kelembagaan Program Studi PIAUD mengacu kegiatan utama tridharma perguruan tinggi dan pentingnya kerja sama dan kemitraan dengan pemangku kepentingan, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berkualitas yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum inovatif, mengadaptasi teknologi terkini dalam proses pembelajaran, serta menerapkan prinsip inklusivitas dan sensitivitas multikultural.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif di bidang pendidikan Islam anak usia dini untuk menghasilkan pengetahuan baru dan solusi praktis, serta mendukung publikasi ilmiah yang berkualitas untuk memperkaya literatur akademis dan praktik pendidikan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, mengembangkan kepemimpinan Islami, meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pelatihan pendidik dan pendampingan orang tua, serta menyediakan sumber belajar dan peluang pengembangan profesional berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan kemitraan dan kerja sama dengan sekolah, lembaga pendidikan, dan komunitas lokal, nasional dan global untuk mendukung praktik pendidikan yang berkelanjutan dan relevan secara sosial, serta membangun jaringan akademisi yang dinamis berakar pada keindonesiaan untuk memperkuat kualitas pendidikan Islam anak usia dini.

Tujuan Pendidikan Program Studi (Program Educational Objective/PEO)

Nilai-nilai PIAUD yang unggul secara resmi dinyatakan sebagai Program Education Objectives (PEO). Nilai-nilai unggul ini dirumuskan sesuai dengan visi dan misi UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan Program Studi PIAUD. Perumusan nilai-nilai umum ini mempertimbangkan saran pengguna, alumni, dan asosiasi profesional. PEO terdiri dari kata kunci penting berikut: integritas, berpikir kritis, komunikatif-adaptif, kompetensi, profesionalisme, kepemimpinan dan etos kerja, dan menjadi pebelajar sepanjang hayat.

PEO, yang dirumuskan sesuai dengan semua visi dan misi dari tingkat universitas hingga tingkat program studi, harus menjadi manifestasi kehidupan semua lulusan dan alumni.Berdasarkan empat kata kunci penting yang disebutkan di atas, kami merumuskan PEO kami sebagai berikut.

Kami berharap lulusan kami dapat:

  1. Berhasil meraih karier profesional sebagai pendidik anak usia dini dengan menguasai secara integratif berbagai aspek, termasuk perkembangan dan pembelajaran anak, pengetahuan tentang konten disiplin akademik, praktik pedagogik, dan penilaian, lingkungan belajar, kesejahteraan anak serta keterlibatan dan kolaborasi antara keluarga, guru, dan komunitas.
  2. Menunjukkan kesadaran multikultural dan inklusivitas serta bersikap kreatif dan inovatif dalam menciptakan kegiatan dan materi pembelajaran yang menarik dan stimulatif untuk memicu imajinasi dan kreativitas anak.
  3. Berkomunikasi secara efektif, menyesuaikan diri dengan perubahan, dan mengadopsi teknologi baru dalam pembelajaran, serta memiliki opsi untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi, memperoleh sertifikat profesi sebagai pendidik profesional, atau mendapatkan sertifikasi dalam bidang pendidikan dan penelitian lainnya.
  4. Menunjukkan jiwa kepemimpinan dan etos kerja yang tinggi, serta kemampuan untuk berpikir analitis dan kritis secara mandiri dan menjadi pembelajar sepanjang hayat untuk mempertahankan keunggulan dalam kreasi dan inovasi.

Sasaran Strategis

Sasaran strategis Program Studi PIAUD ditetapkan untuk 3 periode kepemimpinan, mulai 2020/2021 sampai dengan 2034/2035, dengan baseline capaian sasaran pada tahun 2019.

No

Sasaran Strategis

Baseline

Periode Tahun

2020-2025

2025-2030

2030-2035

1

Akreditasi program studi di tingkat nasional (BAN PT/Lamdik)

B

A/Unggul

Unggul

Unggul

2

Akreditasi dan atau sertifikasi program studi di tingkat internasional (FIBAA)

Belum Terakreditasi

Terakreditasi

Terakreditasi

Terakreditasi

3

Akreditasi jurnal ilmiah program studi di tingkat nasional (SINTA)

Sinta 3/4

Sinta 3/2

Sinta 2/1

Sinta 1/1

4

Indeksasi jurnal ilmiah program studi di tingkat internasional bereputasi (Scopus, WOS)

Belum Terindeks

Terindeks

Terindeks

Terindeks

5

Jumlah mahasiswa asing

0

1

3

6

6

Presentasi mahasiswa di prestasi tingkat nasional

3%

5%

10%

20%

7

Presentase dosen dengan publikasi di jurnal internasional bereputasi atau HKI/paten

20%

40%

100%

100%

8

Presentase dosen dengan publikasi di jurnal nasional terakreditasi (Sinta 2)

60%

100%

100%

100%

9

Jumlah karya ilmiah dosen yang dipublikasikan dalam forum internasional

20%

40%

100%

100%

10

Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala/Guru Besar

10%

20%

50%

100%

11

Persentase dosen yang mendapatkan hibah penelitian

40%

60%

100%

100%

12

Persentase dosen yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat

40%

60%

100%

100%

13

Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan program studi

80%

85%

85%

85%

14

Persentase lulusan dengan lama studi sesuai standar

70%

80%

90%

100%

15

Rata-rata nilai kinerja dosen

3.2

3.3

3.5

3.7

16

Presentase lulusan berkaya dalam tiga bulan

60%

100%

100%

100%

17

Tingkat implementasi kerjasama dengan program studi sejenis atau mitra/lembaga lainnya

5

10

15

20