Laboratorium PIAUD

Sebagai lembaga yang memiliki tugas dan tanggung jawab menyiapkan dan menghasilkan guru satuan atau program PAUD/PIAUD, dengan berbagai berbagai bentuknya, seperti RA/TK/BA, KB/TPA, dan satuan PAUD sejenis (SPS), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, telah merancang program akademik dan non akademik yang diharapkan mampu menyiapkan guru yang kompeten. Selain itu, berbagai fasilitas telah disiapkan untuk mendukung program akademik dan non akademik. Salah satu fasilitas tersebut adalah laboratorium.

Laboratorium PIAUD berupa ruangan berukuran 7 x 8 m, yang di dalamnya berisi berbagai peralatan dan perlengkapan yang menunjang kegiatan akademik dan non akademik mahasiswa. Perlengkapan yang di dalamnya antara lain: ruang kegiatan, 2 toilet, tempat wudlu, dapur kecil, ruang penyimpanan. Sedangkan peralatan yang tersedia, antara lain: 1 almari peryimpanan, 2 tempat display, 1 meja dosen, 2 kursi dosen, 3 meja anak, 18 meja anak, karpet, papan cerita/berkisah, dan papan tulis.

Fasilitas ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mengolah keterampilan akademik, seperti praktik pembelajaran, maupun non akademik, seperti: pelatihan, workshop, TOT. Berbagai kegiatan pelatihan telah dilaksanakan oleh Program Studi PIAUD, seperti pelatihan bercerita/berkisah, hand/finger puppet, pengembangan media dan APE, dan baby SPA.

Selain untuk kegiatan, laboratorium PIAUD juga digunakan sebagai tempat display dan menyimpan berbagai produk APE yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa.