Terjunkan Mahasiswa PPL; Laboratorium Pendidikan berikan pembekalan daring

Pada hari rabu tanggal 10Maret 2021 Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pembekalan PPL yang ditujukan bagi para mahasiswa S1 semester 6 atau semester atasnya di lingkup FITK UIN Sunan Kalijaga. Sasaran pembekalan ini adalah para mahasiswa yang mengambil mata kuliah microteaching. Tujuannya adalah memberikan gambaran umum dan bekal kepada para mahasiswa untuk menghadapi PPL di lapangan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Laboratorium Pendidikan FITK yaitu Dr. Sabarudin, M.Si. dalam sesi umum. Kemudian dilanjutkan dengan sesi paralel masing-masing prodi yang dibagi menjadi dua sesi yaitu "Strategi Pembelajaran di Era Pandemi" dan "Penguatan Micro Teaching" dengan mendatangkan narasumber profesional. Kegiatan ini mendatangkan narasumber yang memiliki kedekatan akademis yang berkaitan dengan prodi PIAUD yaitu Ibu Masyitoh, S.Ag. dari selaku guru di RA Mu'adz bin Jabal Bantul dan Ibu Rohinah, S.Pd.I, M.A. selaku dosen di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada sesi pertama mengenai "Strategi Pembelajaran di Era Pandemi" diisi oleh Ibu Masyitoh sebagai seorang praktisi lapangan yang sudah puluhan tahun berkontribusi dalam dunia pendidikan anak usia dini. Dalam paparannya, Ibu Masyitoh menjelaskan mengenai pengalamannya selama di mengajar anak usia dini. Penjelasnnya terkait dengan pembelajaran dari segi teknis maupun non teknis, dan juga pembahasan mengenai pembelajaran daring. Beberapa hambatan dan solusi serta tips-tips untuk mengajar anak usia dini dijelaskan secara mendalam oleh Ibu Masyitoh. Cara mengajar anak usia dini dalam kondisi pendidikan di era pandemi secara online juga dijelaskan secara sistematis oleh beliau.

Kemudian pada sesi kedua dilanjutkan oleh Ibu Rohinah yang memaparkan mengenai "Penguatan Micro Teaching" bagi mahasiswa. Ibu Rohinah menjelaskan bagaimana cara meyusunan RPH yang baik dan dapat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Begitupun dengan pembelajaran di era daring yang tidak luput dijelaskan oleh beliau. Mahasiswa bertanya secara aktif kepada kedua narasumber mengenai hal-hal yang mungkin terjadi di lapangan. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa, khususnya prodi PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ketika terjun langsung mengajar anak usia dini. [Arbi]