Fokus Perbaikan Mutu, Prodi PIAUD Selenggarakan Evaluasi dan Persiapan Perkuliahan

Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Program Studi Pendidikan
Sebagai bentuk komitmen dan upaya perbaikan berkelanjutan, Program Studi PIAUD menyelenggarakan Evaluasi Perkuliahan Semester Gasal dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 pada Rabu (26/1). Kegiatan rutin tiap semester tersebut bertempat di Atrium Premiere Hotel Yogyakarta, dengan menghadirkan seluruh dosen pengampu mata kuliah semester ganjil dan genap.
"Kegiatan hari ini sebagai bentuk komitmen Prodi PIAUD untuk selalu melakukan perbaikan-perbaikan layanan akademik maupun non akademik kepada mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya. Kita berharap semester depan layanan kita akan lebih baik dari tahun kemarin, dan seterusnya", ungkap Sigit Purnama, Kaprodi PIAUD dalam sambutannya mengawali kegiatan evaluasi.
Pada sesi awal, Kaprodi PIAUD memaparkan capaian-capaian selama semeter ganjil tahun akademik 2021/2022, seperti indek kinerja dosen (IKD) dosen yang mengajar, Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM), Pembimbingan Mahasiswa, baik akademik maupun tugas akhir, dan Beban Kinerja Dosen. Selain itu, juga disampaikan terkait kegiatan-kegiatan program studi lainnya, seperti rintisan kelas internasional, akreditasi internasional FIBAA, pembimbingan mahasiswa difabel, dan kemungkinan pelaksanaan seminar proposal dan munaqosyah secara luring.
"Sebagai bagian dari tugas, saya juga memotivasi bapak/ibu dosen semua untuk segera menyelesaikan studi S3 bagi yang telah menempuh. Bagi yang belum, saya sangat senang, apabila dapat segera studi lanjut. SDM dengan kualifikasi doktor tentu saja akan memperkuat prodi kita", pinta kaprodi.
Pada sesi berikutnya, disampaikan persiapan-persiapan menghadapi semester genap. "Pembagian mata kuliah dan jadwal telah selesai dengan mempertimbangkan kecukupan beban kinerja dosen dan remunerasi". ungkap kaprodi. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa semester ini Prodi PIAUD masih menerapkan 2 (dua) kurikulum, yaitu Kurikulum 2016 untuk mahasiswa semester 6, dan Kurikulum 2020 untuk mahasiswa semester 2 dan 4. Khusus kurikulum 2020, kurikulum ini dikembangkan dengan pendekatan outcome-based education (OBE), yaitu sebuah rancangan kurikulum yang diawali dengan gambaran yang jelas tentang kemampuan penting apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa pada saat lulus. Kurikulum, sistem pembelajaran dan penilaian diorganisasi sedemikian rupa secara terstruktur untuk memastikan bahwa proses pembelajaran terjadi, serta keluaran atau capaian pembelajaran lulusan tercapai dengan baik.
Berkaitan dengan itu, Kaprodi PIAUD meminta kepada para dosen untuk mengupdate Rencana Pembelajaran Semester (RPS), mengembangkan rencana tugas dan penilaian, serta mendokumentasikan portofolio mahasiswa secara online agar mudah diakses ketika dibutuhkan.