Critical Education dan Ethical Dialogue dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Sebuah cita-cita yang sangat ideal dan mulia. Namun kenyataannya idealisme yang dicita-citakan untuk meningkatkan derajat kemanusiaan melalui dunia pendidikan tidak selamanya sejalan dengan apa yang diharapkan. Hal ini dapat disaksikan dari realitas yang ada di sekitar kita bahwa pendidikan masih memainkan peran tradisionalnya dengan memandang bahwa a....

Era Millenial: Memerdekakan atau Melawan Anak?

Zaman semakin hari semakin menunjukkan kebebasan dalam berekspresi. Herimanto dan Winarno dalam bukunya Ilmu Sosial dan Budaya Dasar mengungkapkan “kehidupan anak dapat dipengaruhi oleh adanya penggunaan perangkat digital”. Hal ini telah dirasakan oleh semua elemen dari anak-anak usia dini sampai usia dewasa. Era ini sangat berbanding terbalik jauh daripada zaman tahun 1990-an. Masalah mendasa....

Outbound dapat Meningkatkan Kerjasama dan Keberanian Anak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dan keberanian anak mengalami peningkatan, (1) kemampuan kerjasama anak sebelum tindakan sebesar 6,25%, Pada siklus I meningkat menjadi 68,75%. Pada siklus II meningkatan sebesar 6,25% menjadi 75%. Pada siklus ketiga meningkat sebesar 18,75% sehingga menjadi 93,75%. (2) Kemampuan keberanian anak sebelum tindakan sebesar 0% Pada siklus I mening....

Entrepreneurship bagi Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta

Semangat wirausaha dan pendidikan kewirausahaan telah tumbuh di mana-mana. Namun idealnya semangat ini ditanamkan sedini mungkin. Selama ini belum ada TK yang serius mendukung semangat wirausaha ini. Baru TK Khalifah yang mempunyai pendidikan tauhid dan entrepreneurship. Penelitian ini difokuskan pada: (1) bagaimana implementasi pendidikan entrepreneurship di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta, (2) ....

Abdullah Nashih ‘Ulwan’s Technological Contribution toward the Development of Islamic Early Childhood Education

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada penggunaan teknologi dalam pendidikan. Adapun penerapan teknololgi pendidikan dalam pembelajaran memiliki tujuan agar kegiatan belajar lebih efektif, efisien, serta lebih bermakna bagi anak. Di sisi lain, Islam yang lahir sebagai sebuah paradigma, menjelaskan bahwa pendidikan merupakan jalan terbaik dalam mengembangkan fitrah manusia ser....

Elemen-Elemen Lingkungan Ramah Anak

Lingkungan yang ramah dapat mengurangi perilaku kekerasan yang terjadi pada anak usia dini. Lingkungan ini mampu mengubah perilaku agresif menjadi positif. Sebaliknya, lingkungan yang tidak ramah anak, justru akan meningkatkan perilaku agresif. Lingkungan indoor dan outdoor merupakan salah satu dimensi lingkungan yang dapat menstimuli perkembangan anak usia dini agar terbentuk perilaku positif. Li....

Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha

Anak-anak yang lahir setelah tahun 2010 merupakan generasi Alpha. Mereka lahir dari orang tua generasi milenial. Mereka merupakan generasi yang paling akrab dengan internet sepanjang masa. Generasi yang paling akrab dengan teknologi digital dan generasi yang diklaim paling cerdas dibanding generasi-generasi sebelumnya. Meskipun demikian, mereka dinilai memiliki kekurangan, seperti: bossy, dominan,....

Perubahan Nomenklatur Program Studi PGRA menjadi PIAUD dan Signifikansinya dalam Pengembangan Ilmu

Dalam beberapa tahun terakhir ini telah terjadi beberapa perubahan dalam pengelolaan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Salah satu perubahan tersebut yang kemudian akan dikaji dalam tulisan ini adalah perubahan tata nama (nomenklatur) yang dipakai dalam bidang atau ilmu tertentu pada jenjang perguruan tinggi Islam, baik program sarjana, magister maupun doktor, khususnya Program Studi PGRA. Seba....